Assalamu'alaikum.

Assalamu'alaikum
Selamat datang di blog ini. Terimaksih atas kunjungannya sahabat

Semoga dapat bermanfaat untuk membuat kita lebih baik lagi, amin....
(bagi yang ingin copy and share artikel yang ada dblog ini, silahkan saja, asal cantumkan sumbernya... :)

Thursday, 8 July 2010

Do'a Panjang Sabar

Dalam Berdo’a, pada umumnya Qt meminta hal-hal yang wujudnya berada di luar diri Qt, tak cepat habis (kalaupun habis langsung kelihatan), dan dapat dinikmati kapan saja. Itulah mengapa Qt lebih sering dan banyak meminta hal dengan spesifikasi yang ketat seperti rumah (yang bagus), mobil (yang keren), jodoh (yang ganteng/cantik), anak (yang pinter), tanah (yang luas), naik haji (yang mabrur), lulus (yang IP nya kumlaud), naik jabatan (yang tinggi), dll. Ternyata, tujuan Do’a Qt pun untuk hal-hal yang simple saja : memiliki dan menggunakannya.

Itulah alasannya mengapa Qt jarang meminta hal-hal yang justru berada di dalam diri Qt dan langsung menentukan karakter diri Qt. Salah satunya adalah kesabaran. Dalam Al-Quran, ada dua kalimat Do’a yang sama bunyinya tentang kesabaran, Yaitu : Rabbana afrigh alayna shabran. . . (Al-Baqarah ayat 250 dan Al-A’raf 126). Do’a itu bermakana sama : Qt memohon agar Allah Subhanahu Wa Ta’ala menganugerahi Qt kesabaran. Mengapa Allah mewajibkan Qt agar memohon diberikan kesabaran?? Karena ternyata sabar adalah potensi yang tidak diproduksi oleh jiwa Qt. seperti vitamin C, kesabaran harus diasup dari luar diri Qt, dalam hal ini langsung dari Allah, karena Dia-lah pemilik kesabaran. Qt tak pernah sanggup untuk memproduksi kesabaran, oleh karenanya Qt sering mengeluh dan marah : kesabaranQu sudah habis!!!

Persoalannya : setiap diri Qt jarang menyadari hal ini, karena do’a Qt sudah dikerangkeng oleh kepentingan-kepentingan sesaat yang sangat materialistik. Do’a-do’a Qt lebih sering berisi hitung-hitungan metematis yang mirip kalkulator. Padahal, seluruh isi Do’a itu sangat berpotensi menimbulkan masalah yang sumber solusinya adalah kesabaran. Jadi marilah Qt memulai untuk mengisi Do’a-Do’a Qt juga dengan menyatakan permintaan agar Allah menganugerahi Qt kesabaran.
Bukan cuma Do’a Panjang Rezeki yang Qt panjatkan, tapi juga Do’a Panjang Sabar.


Oleh Muhammad Yulius.
Annisa inspirasi Tak Bertepi.

Semoga Bermanfaat (^_^)

http://www.facebook.com/notes/iin-putriyani/doa-panjang-sabar/406858083660

No comments:

Post a Comment