Assalamu'alaikum.

Assalamu'alaikum
Selamat datang di blog ini. Terimaksih atas kunjungannya sahabat

Semoga dapat bermanfaat untuk membuat kita lebih baik lagi, amin....
(bagi yang ingin copy and share artikel yang ada dblog ini, silahkan saja, asal cantumkan sumbernya... :)

Saturday 31 July 2010

Surat Dari Sayidina Ali radhiallahu’anhu kepada Hasan (putranya.)

*** ~ KEPADA PUTERAKU ~ ***

Sesungguhnya aku berpesan kepadamu untuk bertaqwa kepada Allah, wahai anakku ! Dan aku berpesan kepadamu agar disiplin menegakkan perintah Nya, memakmurkan hatimu dengan ingat kepada Nya dan berpegang teguh terhadap agama Nya serta agar kamu selalu melakukan hal-hal yang menyebabkan baiknya hubunganmu dengan Allah Subhanallahu wa Ta’ala.

Hidupkanlah hatimu dengan nasihat, hiasilah ia dengan zuhud, kuatkanlah hatimu dengan keyakinan dan sinarilah dia dengan
hikmah. Tundukkanlah hatimu dengan mengingat kematian dan kukuhkanlah dengan kematian. Berikanlah pelajaran kepadanya dengan bencana-bencana dunia dan ingatkanlah dengan terkaman masa dan buruknya pergantian siang dan malam.

Jelaskanlah kepadanya berita-berita masa lalu dan ingatkanlah tentang apa yang telah menimpa orang-orang dahulu sebelum kamu. Belajarlah di negeri mereka dan peninggalan-peninggalannya, kemudian engkau
perhatikan, apa yang mereka lakukan? Dari mana mereka berpindah? Dan ke mana mereka akan bertempat tinggal untuk masa seterusnya?

Maka, sesungguhnya akan engkau mendapatkan bahwa mereka itu telah pindah dari kecintaan menempati negeri pengasingan, dan seakan
engkau sebentar lagi menjadi salah satu di antara mereka.

Maka dari itu, perbaikilah tempat kembalimu dan jangan kamu jual akhiratmu dengan duniamu. Tinggalkanlah satu ucapan terhadap sesuatu yang tidak kamu ketahui, dan tinggalkanlah pula menyuruh sesuatu yang kamu sendiri tidak mampu melaksanakannya.

Sadarkanlah dirimu dalam semua urusan kepada Rabb mu, sebab sesungguhnya kamu menyadarkan semua urusanmu itu kepada goa yang kokoh dan benteng yang kuat.Tuluslah dalam memohon kepada Rabb mu, karena di tangan Nya lah pemberian dan penolakan dan perbanyaklah istikharah.

Pahamilah pesanku dan jangan sampai engkau hilangkan meskipun hanya satu lembar. Sebab, sebaik-baik ucapan adalah ucapan yang
bermanfaat dan ketahuilah bahwasannya tidak ada kebaikan dalam ilmu kecuali ilmu yang bermanfaat dan ilmu itu tidak manfaat jika tidak benar cara mempelajarinya.

===========================================
*** Surat untuk Hasan ketika pulang dari perang Shiffin.

*** IZZAH - "Ibadah." - No : 37 Tahun VI 24 Jumadis Tsani 1416, 17 Nopember 1995.

Sumber: Fiqih Wanita Muslim (FB)

No comments:

Post a Comment