Assalamu'alaikum.

Assalamu'alaikum
Selamat datang di blog ini. Terimaksih atas kunjungannya sahabat

Semoga dapat bermanfaat untuk membuat kita lebih baik lagi, amin....
(bagi yang ingin copy and share artikel yang ada dblog ini, silahkan saja, asal cantumkan sumbernya... :)

Tuesday 6 July 2010

Riya Ada 2 Macam

"kadang-kadang riya' itu masuk kepadamu dari arah yg orang tdk bisa melihat kepdamu". Al-Hikam.

riya' adalah penyakit hati yg bisa merusak amal seseorang. dan riya' itu ada 2 macam :
1. Riya' jali atau terang : misalnya orang yg beramal di hadapan orang banyak dg maksud agar bisa dilihat mereka shg dia mendapat pujian dan dianggap sebagai orang saleh.
2. Riya' khafi atau samar : yaitu menyamarkan amal kebaikan dari penglihtan orang lain, akan tetapi penyamaran amalnya itu dimaksudkan agar dirinya mendapat penghormatan. adapun tanda-tanda riya' khafi antara lain senang di hormati, merasa benci bila diremehkan, suka mendahului di dalam perjuangan atau suatu majelis, minta didahulukan segala kebutuhannya, mengharapkan kemurahan setiap membeli dll.

diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib, bahwasannya Allah pada hari kiamat kelak akan berfirman kepada orang-orang fakir : "Bukankah kalian telah diberi kemurahan di dalam harga pasar, bukankah kalian telah diberikan ucapan salam terlebih dahulu, bukankah hajat kalian telah dipenuhi lebih dahulu?". kemudian di dalam hadist lain disebutkan : "Sekarang tdk ada pahala bagi kalian, sebab pahala-pahala kalian telah di penuhi semasa hidup di dunia".

sesungguhnya tdk ada orang yg bisa selamat dari dua macam riya' itu kecuali orang-orang yg ma'rifat, yg meng-Esakan Allah. sebab mereka ini telah dibersihkan oleh Allah dari kehalusan syirik dan disamarkan penglihatannya dari pandangan mahluk. hal ini bisa terjadi karena cahaya keyakinan yg telah meresap di dalam hati mereka.

Yusuf bin Husein Ar-Razi berkata : "Sesuatu yg palling mulya di dunia adalah ikhlas. dan sy sudah berkali-kali berjuang di dalam menggugurkan riya' dari dalam hatiku. akan tetapi riya' itu timbul kembali dalam corak yg lain".

Sumber: Al Hikam

No comments:

Post a Comment