Assalamu'alaikum.

Assalamu'alaikum
Selamat datang di blog ini. Terimaksih atas kunjungannya sahabat

Semoga dapat bermanfaat untuk membuat kita lebih baik lagi, amin....
(bagi yang ingin copy and share artikel yang ada dblog ini, silahkan saja, asal cantumkan sumbernya... :)

Wednesday, 14 July 2010

RAHASIA DI BALIK SHOLAT

Allahuakbar Allahuakbar…
Azan berkumandang, setiap muslim tengah bersiap menunaikan kewajiban.
Seorang tua renta berjalan tertatih menuju masjid kesayangannya. Di belakangnya mengikuti sahabat karibnya yang juga telah dimakan usia namun terlihat berbeda. Ya, berbeda. Seorang tua yang ini terlihat masih gagah, bugar, dan sehat. Ia berjalan perlahan menyamakan langkah dengan kawannya yang tak lincah lagi. Sesampainya di masjid, seorang pemuda yang tengah singgah memperhatikan kedua orang tua tersebut. Agak heran ia melihat kedua kakek ini. Tak lepas matanya dari kedua tua itu dari awal kedatangan mereka. Usai shalat sang pemuda berbincang-bincang dengan kedua orang tua tadi. Dari perbincangan singkat itu ia mendapatkan sebuah keajaiban yang luar biasa. Ternyata, si kakek yang gagah adalah seorang yang rajin shalat sejak ia kecil, sedangkan si kakek renta baru memulai shalatnya yang rutin ketika umurnya 50 tahun.

Subhanallah, mungkin ada diantara kita yang pernah menemukan fenomena seperti ini. bertemu dengan orang tua yang terlihat masih segar karena rutinnya sholat yang ia kerjakan. Atau sering melihat ustadz-ustadz yang sudah tak muda lagi namun masih gesit berdakwah kesana kemari. Inilah salah satu manfaat dari sholat serta amalan lain yang Allah perintahkan, salah satu bonus yang Allah berikan kepada hamba-Nya yang bertakwa.

Memang, segala macam perintah Allah itu ternyata kembali untuk kebaikan kita juga baik sewaktu di dunia maupun di akhirat nanti. Tak ada satupun dari perintahNya yang tidak membawa kebaikan bagi umatnya. Mulai dari shalat, puasa, zakat, haji, dan semua perintah serta amalan yang Ia anjurkan, akan membawa beribu bahkan berjuta kebaikan bagi kita semua. Namun sayang, banyak sekali kita yang tidak mengetahuinya dan menganggap bahwa perintah-perintahNya hanyalah sebatas kewajiban bahkan mungkin ada yang menganggapnya sebagai beban dan meninggalkannya. Masya Allah…


Sebagian dari kita pun masih banyak yang sering merasa berat melaksanakan ibadah, terutama sholat. Gerakan dan bacaan yang itu-itu saja mungkin menjadikan kita jenuh melaksanakan aktifitas ruhiyah ini. padahal sangat jelas bahwa dibalik gerakan serta bacaan-bacaan itu, Allah memberikan suatu manfaat yang luar biasa untuk kita. Banyak yang tidak tahu betapa luar biasanya manfaat yang diberikan jika kita shalat secara rutin, tepat waktu, khusyu’ dan tuma’ninah. Apalagi jika dimulai dari kecil, maka manfaat yang di dapat pasti lebih “WAH” lagi. Inilah bukti Maha Penyayang dan Maha Pegasihnya Allah kepada hamba-Nya. Allah tidak akan memberatkan hambaNya dengan perintahNya, malah sebaliknya, beribu kebaikan yang Ia berikan melalui apa yang Ia perintahkan. Subhanallah…

Telah banyak penelitian yang dilakukan oleh para peneliti mengenai shalat. Mulai dari para peneliti muslim hingga non muslim yang akhirnya masuk Islam karena mengetahui begitu dahsyatnya manfaat gerakan-gerakan shalat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah seorang ahli neurologi berkebangsaan Amerika yang masuk Islam setelah melakukan penelitian tentang saraf. Ia menemukan bahwa dalam kondisi normal, ada bagian otak yang tidak teraliri darah. Padahal setiap inci otak kita harus teraliri darah agar bisa bekerja secara normal.

Setelah melakukan kajian yang memakan waktu, akkhirnya dia menemukan bahwa darah tidak akan memasuki urat saraf didalam otak tersebut melainkan ketika seseorang tersebut bersembahyang, yaitu ketika sujud. Urat tersebut memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja. Ini artinya, darah akan memasuki bagian urat tersebut mengikuti kadar sholat lima waktu yang diwajibkan oleh Islam. Begitulah keagungan ciptaan Allah.

SHOLAT BIKIN AWET MUDA
Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. Abdurrahman Al-Umari, ia menemukan beberapa rahasia dan manfaat shalat, baik ditinjau dari kesehatan fisik maupun batin. Beliau mengatakan: Seorang yang senatiasa melaksanakan shalat akan mendapatkan ketenangan dan ketentraman dalam jiwa. Kondisi jiwa yang tenang dan tenteram akan sangat berpengaruh terhadap keseimbangan produksi hormon dalam tubuh. Keseimbangan antara jasmani dan rohani akan membuat organ tubuh seseorang bekerja dengan baik. Kondisi seperti ini akan memperlambat proses penuaan yang terjadi pada organ tubuh. Artinya, kita akan awet muda kalo’ rajin melaksanakan shalat. Subhanallah…

Gerakan salam pun dapat mengencangkan kulit wajah kita. Ketika wajah kita menengok secara maksimal ke kiri dan kanan, maka otot leher dan wajah pun ikut tertarik. Jika dilakukan terus menerus dan teratur, kulit wajah kita akan terjaga kekencangannya.

Selain itu, gerakan-gerakan sholat juga akan menambah kekuatan otot serta tulang kita. Ketika kita sholat, seluruh otot serta tulang akan ikut bergerak, mulai dari kepala hingga kaki. Gerakan takbir, rukuk, sujud, duduk, bahkan salam akan melatih tulang dan otot kita untuk terus bergerak. Inilah yang akan memperlambat terjadinya pengapuran ataupun pengeroposan tulang. Tulang dan tubuh jadi lebih kuat dan badan kita pun akan lebih segar meski usia kita nanti semakin tua.

SHOLAT MENCEGAH BERBAGAI PENYAKIT
Gerakan sholat yang benar dan tuma’ninah serta sesuai dengan ajaran Rasulullah akan menambah ketahanan fisik kita dari berbagai penyakit. Telah banyak penelitian yang membuktikan hal ini. setiap gerakan dalam sholat akan memperlancar aliran darah kita. gerakan sujud yang tidak terburu-buru membantu menghilangkan sakit kepala atau migran. Sujud juga dapat menghindari diri kita dari penyakit wasir. Namun jika kita melakukan sujud dengan cepat, maka tidak akan berpengaruh apa-apa.

Dr. Faris Aazuri ahli penyakit urat syaraf dan persendian yang bekerja di salah satu universitas di Amerika menyatakan: Sesungguhnya shalat yang dilakukan oleh kaum muslimin, yang di dalamnya terdapat gerakan rukuk dan sujud memiliki manfaat yang besar. Kedua gerakan tersebut berfungsi untuk menguatkan punggung dan mampu melenturkan urat-urat yang ada di sekitar punggung. Hal ini akan lebih dirasakan manfaatnya jika seseorang melakukan shalat sejak usia dini.

Adalagi penelitian lain yang mengungkapkan bahwa sholat adalah faktor penting dalam penyembuhan varises. Penelitin ini dilakukan oleh DR. Taufiq Elwan, dokter bedah di Universitas Aleksandria. Ia menemukan bahwa gerakan shalat dapat mengurangi tekanan pada dinding urat betis yang ada di permukaan dan efektif menguatkan urat yang lemah. Melalui kajian ilmiah ditemukan bahwa tekanan dinding urat di persendian mata kaki mengalami pengurangan saat melakukan shalat. Tekanan yang rendah dapat menyebabkan urat beristirahat dari tekanan selama berdiri. Dan berdasarkan penemuan itu, tekanan yang paling rendah terjadi ketika sujud.

Kemudian pada salah satu hasil penelitian dunia kesehatan menyimpulakan bahwa gerakan ruku’ dan sujud dalam shalat yang dilakukan dalam jangka waktu yang agak lama memiliki manfaat yang sangat bagus terhadap kesehatan hati dan urat nadi. Juga gerakan-gerakan dalam shalat berfungsi untuk mengurangi resiko terganggunya kenerja hati yang saat ini banyak diderita oleh masyarakat Barat yang non muslim.

Tidak hanya sholat, wudhu pun dapat mencegah dan memproteksi diri kita dari berbagai macam penyakit, khususnya penyakit kulit. Kulit kita adalah organ paling luar dari tubuh. Segala macam bakteri, kuman, serta virus berkumpul di kulit kita. Jika tidak kita bersihkan, otomatis peluang terjangkitnya penyakit akan lebih besar. Dengan bersuci berarti terjadi pencucian kulit, selaput lendir, dan juga lubang-lubang tubuh yang berhubungan dengan dunia luar (pori kulit, rongga mulut, hidung, telinga). Jika kita selalu bersuci minimal 5 kali sehari, maka tidak bisa dipungkiri kita akan lebih kebal terhadap penyakit. Betul tidak?

Masih banyak lagi penyakit yang dapat kita hindari dengan rutin mengerjakan sholat. Semua itu karena imunitas kita semakin meningkat seiring dengan semakin seringnya kita menggerakkan tubuh kita ketika sholat.

SHALAT MENAMBAH KECERDASAN
Seperti yang telah dipaparkan di awal tadi, gerakan sujud menyebabkan beberapa bagian otak yang biasanya tidak teraliri darah menjadi teraliri darah dengan maksimal. Ketika kita bersujud dengan tuma’ninah dan benar, maka otak akan berfungsi secara maksimal pula. Otomatis ketika otak kita bekerja secara maksimal, daya nalar, konsentrasi, dan proses berfikir kita pun akan semakin baik. Maka, tentu saja kecerdasan kita akan meningkat. Apalagi jika kebiasaan shalat ini dibiasakan sejak kecil, pasti luar biasa jadinya.

Tak hanya sebatas itu, bacaan-bacaan dalam shalat pun dapat pula mencerdaskan kita. Membaca ayat-ayat Allah diperlukan konsentrasi yang tinggi agar tidak keliru tajwid ataupun panjang pendeknya. Semakin sering kita membaca dan menghafalkan Al Quran, semakin terlatih pula otak kita untuk berkonsentrasi, dan semakin meningkat pula kemampuan otak kita.

Sholat pun dapat menyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kiri kita. Seluruh gerakan serta bacaan dan konsentrasi yang tinggi memerlukan kombinasi yang baik antara otak kiri dan otak kanan kita. Otak kanan berfungsi dalam konsentrasi dan mengkombinasikan gerakan dengan bacaan dan otak kiri berfungsi sebagai penggerak. Maka dari itu, sholat pun dapat menjadi sarana latihan yang baik untuk keseimbangan otak kita.

SHOLAT MENGHILANGKAN STRESS
Nabi Muhammad SAW menjadikan shalat sebagi tempat berteduh dan peristirahatan hati sebagaimana dalam sabda beliau: “Telah dijadikan kelapangan ruhaniku berada dalam shalat.” Juga dalam hadits lain beliau mengatakan kepada Bilal apabila hendak melakukan shalat untuk menyuruhnya adzan,”Biarkanlah kami mendapatkan ketenangan dan kedamaian dengan shalat, wahai Bilal…”. Dua hadits ini menunjukkan kepada kita bahwa sholat adalah sarana penenang hati.

Dalam harian surat kabar “London West” disebutkan, dalam sebuah penelitian yang di lakukan di London, terhadap kondisi sebagian masyarakat; antara orang-orang yang rutin melakukan ritual ibadah dengan mereka yang acuh terhadap ritual ibadah hasilnya adalah mereka yang tidak terbiasa dan tidak rutin melakukan ritual ibadah lebih banyak memiliki tekanan darah lebih tinggi, memiliki hati yang tidak sehat dan memiliki penguasaan emosi yang labil dibandingkan dengan mereka yang biasa melakukan ritual ibadah.

SHOLAT ADALAH OLAHRAGA TERBAIK
Gerakan sholat adalah gerakan olahraga yang paling baik. Ketika sholat, seluruh persendian dan tulang ikut bergerak. Mulai dari kepala, leher, punggung, tangan, kaki, jari-jari tangan dan kaki, pergelangan, dan seluruh bagian tubuh kita bergerak. Secara medis diketahui, dengan disiplin melakukan shalat setiap waktunya plus sholat malam, berdampak pada perubahan gerak otot dan hal ini mampu membangkitkan semangat baru pada tubuh, mengikis timbunan lemak di sekitar perut dan paha dan memperlambat efek-efek penuaan pada tubuh. Bahkan, konsistensi shalat pun mampu menjaga bentuk ideal tubuh dan gerakannya serta mempercepat munculnya vitalitas tubuh secara non stop 24 jam setiap harinya. Dengan demikian sholat adalah latihan yang paling mudah dan cocok dijadikan sebagai olah tubuh dalam menjaga kesehatan tubuh.

SHALAT BAIK BAGI PEREMPUAN
Ada lagi manfaat sholat khususnya untuk kaum hawa, terutama ibu hamil, yaitu melancarkan persalinan. Gerakan sujud dapat menambah elastisitas otot perut sehingga akan memudahkan saat melahirkan.



Masih sangat banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari shalat. Bahkan bukan hanya shalat, tetapi seluruh amalan, seluruh perintahnya adalah mendatangkan kebaikan bagi kita. Semua itu adalah bukti sifat Rahman Allah pada manusia. Ketika telah banyak yang Ia berikan kepada kita, masihkan kita ingkar kepadaNya? Berkali-kali di dalam surat Ar-Rahman disebutkan,"Nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang Engkau dustakan?"
Begitu besar cinta yang Allah berikan kepada kita, tanpa pamrih, semata-mata agar kita selalu menjadi hambaNya yang bertakwa, yang selalu mencintai Robb kita melebihi apapun dan siapapun.

Namun jangan lupa, laksanakan semua perintahnya hanya untuk mengharap RidhoNya. Jangan pula kita melaksanakan shalat karena ingin mendapat kesehatannya saja, karena semua ini hanya bonus kecil yang Allah berikan. Manfaat sesungguhnya dari setiap amalan yang kita lakukan akan terlihat di akhirat nanti. Semua yang kita lakukan dengan ikhlas dan semata-mata hanya mengharap RidhoNya akan membawa kita kepadaNya. Bertemu dengan Allah Azza wa Jalla dan menatap wajahnya. Subhanallah… inilah kerinduan abadi seorang hamba terhadap Tuhan Nya.
Wallahu’alam bi showab
Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber: Catatan Tri Wahyuningsih (FB)
http://www.facebook.com/notes/tri-wahyuningsih/rahasia-di-balik-sholat1/112631872119178

No comments:

Post a Comment