Assalamu'alaikum.

Assalamu'alaikum
Selamat datang di blog ini. Terimaksih atas kunjungannya sahabat

Semoga dapat bermanfaat untuk membuat kita lebih baik lagi, amin....
(bagi yang ingin copy and share artikel yang ada dblog ini, silahkan saja, asal cantumkan sumbernya... :)

Thursday 6 May 2010

**KEBAHAGIAAN MENURUT ISLAM DAN CARA MENCAPAINYA**

Mengutip buku Kang Jalal, maka kebahagiaan di dalam Islam sudah digambarkan dengan jelas dalam Al Qur’an –kata aflaha yang merupakan derivasi kata falah dan kata tuflihuun menjelaskan dengan jelas arti bahagia –. Ini bisa kita dapati :

•Bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu berbahagia (2:189)

•Wahai orang2 beriman, janganlah kamu makan riba yang berlipat-lipat dan bertakwalah kamu kepada Allah, supaya kamu berbahagia (3:130)

•Wahai orang-orang yg beriman, bersabarlah, saling menyabarkan dan perkuat persatuanmu supaya kamu berbahagia (3:200)

•Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan carilah jalan untuk mendekatkan diri kepada-Nya dan berjuanglah di jalan Allah, supaya kamu berbahagia (5:35)

•Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya khamar, berjudi, berhala, mengundi nasib dengan panah , adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat kebahagiaan (5:90)

•Katakanlah: “Tidak sama yang buruk dengan yang baik, meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu, maka bertakwalah kepada Allah hai orang-orang berakal, agar kamu mendapat berbahagia” (5:100)

•Maka ingatlah nikmat-nikmat Allah supaya kamu berbahgia. (7:69)

•Hai orang-orang yang beriman, jika kamu memerangi musuh musuh, teguhkan hatimu dan berzikirlah kamu kepada Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu bahagia (8:45)

•Hai orang-orang yang beriman, ruku’lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan (22:77).

•Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang nampak dari padanya.

Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka,

atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita.

Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu berbahagia (24:31).

•Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu berbahagia (62:10).

Ayat-ayat tersebut diatas menunjukkan bahwa Islam menerangkan dengan jelas cara-cara mencapai kebahagiaan. Hanya satu hal yang menyebutkan kita harus mencari nikmat Allah (rejeki) untuk mecapai kebahagiaan (Surat Al Jumu’ah : 31).


Jangan lupa, bahwa kita setiap hari 10 kali diajak untuk mencari dan mencapai kebahagian, yaitu dengan menunaikan sholat (saat bekumandang azan & iqomah dikumandangkan hayya ‘alas sholaah, hayya ‘alal falaah). Jadi, mengerjakan sholat akan membuat kita berbahagia.

Jelaslah sekarang bahwa sebagian besar kebahagiaan tidak didapat dengan memburu harta dan kekayaan. Tetapi bahagia yang abadi menurut Islam adalah selalu mengingat Allah dan bertakwa kepada-Nya.

Sumber: http://www.facebook.com/home.php?#!/?page=2&sk=messages&tid=387771482229

No comments:

Post a Comment