Assalamu'alaikum.

Assalamu'alaikum
Selamat datang di blog ini. Terimaksih atas kunjungannya sahabat

Semoga dapat bermanfaat untuk membuat kita lebih baik lagi, amin....
(bagi yang ingin copy and share artikel yang ada dblog ini, silahkan saja, asal cantumkan sumbernya... :)

Tuesday 25 May 2010

5 Cara Menjadikan Hidup Lebih Terkendali

Menjalani hidup dengan terkendali merupakan satu hal yang tentunya semua orang termasuk Anda menginginkannya kan? Kata kendali sendiri artinya kitalah yang berperan sebagai “raja”nya. Kitalah yang mempunyai kekuasaan untuk mengendalikan hidup kita. Namun, banyak orang yang merasakan hidupnya kurang terkendali, sering terjebak dalam perasaan menjadi “korban” keadaan. Benarkah itu?
Saya ada sedikit cara/tips untuk membuat hidup ini menjadi lebih terkendali. Silahkan disimak :
1. Ringkas. Cobalah Anda bayangkan, di dalam tempat kerja Anda ada begitu banyak alat/barang yang ternyata kurang bermanfaat bagi efesien serta efektifitas pekerjaan Anda, namun Anda biarkan saja, tentunya selain menurunkan efesien serta efektifitas kerja Anda, hal tersebut tentunya akan mempengaruhi perasaan Anda seolah – olah Anda tidak dapat mengatur/mengendalikan diri Anda sendiri. Jadi poin no satu yaitu jadikan semuanya menjadi ringkas, baik itu di rumah, di tempat kerja, di mobil, atau dimanapun Anda berada. Hanya barang/alat yang bergunalah yang seharusnya ada di sekitar Anda. Bila tidak berguna sebaiknya disingkirkan/disimpan di tempat penyimpanan barang tidak berguna (gudang).
2. Kerapihan. Setelah Anda menerapkan prinsip no 1 yaitu ringkas, sekarang jadikan hal yang ringkas tersebut menjadi rapi, mudah dijangkau dan sedap dipandang. Dengan kondisi yang rapi, maka Anda tidak akan kesulitan untuk mencari atau mengambil barang yang dibutuhkan dengan cepat, tanpa harus mengingat – ingat terlebih dahulu dimana barang itu diletakkan.
3. Bersih. Selain kebersihan adalah sebagian dari iman, dengan bersihnya area disekitar Anda, hal tersebut tentu akan menjadikan kesan positif bagi diri Anda sendiri serta orang lain, semangat kerja akan meningkat, dan yang penting tentunya Anda akan merasa hidup Anda terkendali seperti bersihnya area di sekitar Anda.
4. Perawatan. Semua hal memerlukan perawatan atau maintenance agar selalu dapat berjalan dengan baik, begitu juga poin 1, poin 2 serta poin 3 yang telah dijelaskan di atas. Bila tidak ada perawatan, maka alat yang sudah ringkas tadi akan berserakan, yang tentunya akan mengacaukan poin no 2 yaitu kerapihan, yang mana dengan tidak adanya kerapihan akan mengakibatkan barang sulit dicari, anda merasa hidup tidak terkendali dan kebersihan tidak akan nampak pada lingkungan di sekitar anda. Jadi perawatan merupakan poin penting untuk menjaga kelanjutan dari 5 langkah menjadikan hidup anda lebih terkendali.
5. Dan poin terakhir yaitu disiplin. Jadikan diri Anda sendiri disiplin untuk selalu mengerjakan poin dari nomor 1 – 4.
Itulah 5 cara yang saya terapkan di dalam kehidupan saya sendiri, dan memang hasilnya saya merasa hidup saya lebih terkendali. 5 cara ini sebenarnya merupakan pembelajaran saya ketika bekerja di Perusahaan otomotif asal jepang yang aslinya yaitu seiri (ringkas), seiton (rapi), seiso (bersih/resik), seiketsu (rawat) dan shitsuke (rajin/disiplin). Memang sebenarnya penerapannya pada dunia kerja, namun ternyata juga bermanfaat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari – hari.
Semoga bermanfaat. Anda punya cara sendiri? Silahkan berbagi dengan berkomentar, sesuai dengan tujuan dari blog ini yaitu belajar bersama untuk menjadi pribadi yang lebih baik…

Sumber: http://www.insankamil.com/pengembangan-diri/5-cara-menjadikan-hidup-lebih-terkendali

No comments:

Post a Comment