Assalamu'alaikum.

Assalamu'alaikum
Selamat datang di blog ini. Terimaksih atas kunjungannya sahabat

Semoga dapat bermanfaat untuk membuat kita lebih baik lagi, amin....
(bagi yang ingin copy and share artikel yang ada dblog ini, silahkan saja, asal cantumkan sumbernya... :)

Monday 24 May 2010

Titik tolak suatu ibadah dan amal sesuai ajaran Islam terletak pada niat

Titik tolak suatu ibadah dan amal sesuai ajaran Islam terletak pada niat. Setiap memulai pekerjaan hruslah dimulai dg niat yg ikhlas krn Allah SWT semata. "Katakanlah : sesungguhnya aku diprintahkan menyembah Allah dg tulus ikhlas, hanyalah agama karena-Nya semata-mata " (Az-Zumar ayat 11).....(23 Mei 2010)
Asslmkm. wr.wb.
Facebooker's yang selalu membaca penjelasanku....
Niat adalah satu instrumen kejiwaan yg membedakan antara sesuatu perbuatan adat dg ibadah. Ajaran Islam memberikan ruang gerak yg luas kpd manusia dlm setiap pekerjaan yg dilakukannya. Setiap pekerjaan yg baik, yg dilakukan secara rutin (biasa) dpat ditingkatkan menjadi suatu pekerjaan yg diridhoi Allah SWT bila niatnya didasarkan kpd keikhlasan krn hendak berbakti kpd Allah SWtT.
Fungsi niat sangat menentukan menurut ajaran Islam, shg seseorang yg sdh berniat melaksanakan suatu perbuatan kebajikan, kemudian tidak jd dilaksanakan, maka ybs masih memperoleh pahala (balasan dari Allah SWT) sebagaimana hadist yg diriwayatkan oleh Muslim, "Barangsiapa yg mencita-citakan satu kebajikan dan tdk jadi dilaksankannya, maka bagunya dituliskan (pahala) kebaikan".
Peranan dan pengaruh niat itu amat menentukan, bahkan bisa merobah corak dan warna suatu amal yg akan dilaksanakan, sebagaimana hadist yg diriwayatkan oleh Ahmad diterangkan, "Barangsiapa yg kawin dg memakai mahar, tapi dia berniat tidak akan membayar mahar itu, maka dia melakukan perbuatan zina. Barangsiapa yg membuat janji berhutang dan diniatkannya tdk akan membayar hutang itu, ma ia adalah seorang pencuri".
Faktor yg menentukan dlm suatu amal adalah niat yg suci dan ikhlas sebagaimana dlm suatu kisah dari suatu hadist menceriterakan mengenai tiga orang yg melakukan amal kebaikan tanpa keikhlasan, yg akhirnya dilemparkan ke dlm neraka, berbunyi sbb :
"Sesungguhnya manusia yg pertama kali diadili pd hari kiamat adalah seorang pahlawan yg mati syahid dlm perjuangan. Dia dipanggil dan diperlihatkan kpdnya nikmat yg akan diterimanya. Lalu dimajukan kpdnya pertanyaan, "Apakah amal yg telah engkau kerjakan?". Dia menjawab, "Saya berjuang shg sampai mati syahid". "Bohong,..engkau berjuang adalah krn mengharapkan supaya disebut pahlawan. Sebutan itu tlh kau terima". Kemudian di dilempar ke dalam neraka.
Kedua, adalah seorang laki2 yg mempelajari ilmu dan mengajarkannya kpd orang lain, dan dia selalu membaca Al-Qur'an. Dia dihadapkan pula ke muka pengadilan, dibayangkan nikmat yg akan diterimanya, kemudian ditanyakan kpdnya : "Apakah amal yg tlh engkau kerjakan?". "Saya belajar, kemudian menjadi ustadz dan senantiasa membaca Al-Qur'an". "Bohong,...engkau belajar hanya agar disebut orang 'alim dan engkau membaca Al-Qur'an agar dikatakan orang, seorang qori, pujian itu sdh engkau terima". Diapun dilempar ke dlm neraka.
Ketiga, adalah seorang yg dikaruniakan Allah SWT kelapangan hidup, mempunyai harta kekayaan, dan selalu bersikap dermawan. Juga kpdnya ditunjukkan nikmat yg akan diterima oleh orang2 yg mengorbankan hartanya untuk kebaikan. Lalu dimajukan pertanyaan kpdnya : "Apakah amal yg tlh engkau kerjakan?". "Saya tdk pernah absen memberikan sumbangan untuk sabilillah, menafkahkan kekayaan saya". "Bohong,...engkau lakukan hal itu agar disebut orang, dermawan". Juga orang ketiga dilemparkan ke dlm neraka. Dari kisah tsb dpt ditarik kesimpulan bhw hal yg penting dan faktor yg menentukan dlm suatu amal perbuatan adalah niat yg suci/ikhlas, yg dikerjakan krn mengharapkan mardhatillah semata-mata.
Mari di dlm perbuatan amal dan ibadah, kita niatkan dg ikhlas semata-mata berbakti kpd Allah SWT.....
Wasslmkm. wr.wb.
Masrowi Munawar

Sumber: http://www.facebook.com/notes/suprih-koesoemo/titik-tolak-suatu-ibadah-dan-amal-sesuai-ajaran-islam-terletak-pada-niat/112993888743510

No comments:

Post a Comment