Assalamu'alaikum.

Assalamu'alaikum
Selamat datang di blog ini. Terimaksih atas kunjungannya sahabat

Semoga dapat bermanfaat untuk membuat kita lebih baik lagi, amin....
(bagi yang ingin copy and share artikel yang ada dblog ini, silahkan saja, asal cantumkan sumbernya... :)

Monday, 14 June 2010

Memaafkan Saudara

Dari Anas ibn Malik, berkata: Ketika Rasulullah s.a.w sedang duduk, tiba-tiba kami melihat beliau tertawa hingga tampak dua gigi seri beliau. Bertanyalah Umar:"Apakah yang membuat Paduka tertawa, Pesuruh Allah, demi ayah serta ibuku?"

Rasul menjawab: "Dua orang dari umatku berlutut di hadapan Rabbil 'Izzati Yang Maha Tinggi. Berkata salah seorang: "Rabbi,ambilkanlah untukku tebusan kezaliman dari saudaraku."

Maka Allah berfirman: "Berikan kepadanya tebusan dari kezalimanmu". Ia menjawab:"Tuhanku, sama sekali tak ada lagi yang tersisa dari kebajikanku".
Ia berkata: "Tuhanku, kalau begitu pikulkanlah kepadanya dosa-dosaku".

Maka tergenanglah mata Rasulullah s.a.w. sebab menangis,lalu bersabda: "Itulah Hari yang luar biasa - Hari ketika manusia merasa butuh dipikulkan sebagian dosa-dosanya."

Lalu beliau bersabda pula:"Maka Allah Yang Maha Agung dan Luhur berfirman kepada si penuntut: 'Angkatlah kepalamu, dan lihatlah ke taman-taman!' maka diapun mengangkat kepalanya,dan berseru: 'Rabbi kulihat kota-kota dari perak dan istana-istana emas berhias mutia! Untuk nabi manakah itu? Untuk syahid manakah itu?' Tuhan berfirman:' untuk mereka yang telah memberikan kepada-Ku harganya.' Ia berkata: 'Tapi siapa gerangan yang mampu?'
Tuhan berfirman : 'Engkau pun mampu.' Ia bertanya: 'dengan apa, ya, Rabbi?'
Tuhan berfirman: 'Dengan memaafkan saudaramu.' Ia berkata: 'Rabbi! Aku sudah memaafkannya!' Maka berfirman Allah Ta'ala: 'Ambillah tangan saudaramu, dan masukkan ke dalam surga'."

Kemudian bersabdalah Rasulullah s.a.w. mengenai hal itu:"Bertakwalah kamu kepada Allah dan berdamailah di antaramu(Qur'an 7 : 1); sesungguhnya Allah memperbaiki hubungan orang-orang di Hari kiamat." (Hadis riwayat al-Hakim dan al-Baihaqi)

Sumber: http://www.facebook.com/?page=1&sk=messages&tid=1203266540995

No comments:

Post a Comment