Assalamu'alaikum.

Assalamu'alaikum
Selamat datang di blog ini. Terimaksih atas kunjungannya sahabat

Semoga dapat bermanfaat untuk membuat kita lebih baik lagi, amin....
(bagi yang ingin copy and share artikel yang ada dblog ini, silahkan saja, asal cantumkan sumbernya... :)

Wednesday 30 June 2010

Tidak Shalat Akibat Sibuk

Dari Abdullah bin Amr ra., dari Rasulullah saw. Bahwa pada suatu hari beliau bercerita mengenai shalat. Beliau bersabda: “Barangsiapa menjaga shalatnya, maka shalat akan menjadi cahaya, pembela, dan penyelamat pada hari Kiamat. Dan barangsiapa tidak menjaganya, maka tidak akan ada cahaya, pembela, dan penyelamat baginya. Pada hari Kamat ia akan dikumpulkan bersama Fir’aun, Haman, dan Ubay bin Khalaf (HR. Ibnu Hiban dan Thabrani)

Semua orang tahu siapa Firaun. Betapa kafirnya dia, sehingga mengaku sebagai tuhan. Haman adalah seorang pembantu Firaun. Ubay bin Khalaf adalah musuh besar Islam dari kaum musyrikin Mekkah. Berikut ini adalah kisah Ubay bin Khalaf:

Sebelum peristiwa hijrah, Ubay bin Khalaf pernah berkata kepada Rasulullah saw: “Aku memiliki seekor kuda, dengan mengendarainya aku akan membunuhmu di kemudian hari.”

Rasulullah saw. pun berkata kepadanya: “Insya Allah, saya akan membunuhmu.”

Ketika perang Uhud terjadi Ubay bin Khallaf mencari-cari Rasulullah saw. sambil berkata: “Jika hari ini Muhammad selamat dari tanganku, maka akulah yang akan celaka”

Kemudian ia menuju Rasulullah untuk menyerang beliau. Para sahabat ingin membela Rasulullah saw. dan melempar Ubay bin Khalaf dengan tombak dari jauh, tetapi Rasulullah saw. bersabda: “Biarkan dia mendekat.”

Ketika ia telah mendekat Rasulullah saw. mengambil sebilah tombak dari seorang sahabat, lalu melemparnya sehingga leher Ubay bin Khalaf tergores sedikit.

Akibat lemparan itu, dia terjatuh dari kudanya. Dengan jatuh bangun dia berlari menuju pasukannya sambil berteriak: “Demi Tuhan, Muhammad telah membunuhku.”

Orang-orang kafir berusaha menenangkannya, bahwa itu adalah sebuah goresan saja, tidak perlu dikhawatirkan. Namun dia berkata: “Muhammad pernah berkata bahwa dia akan membunuhku”

Abu Sufyan yang saat itu sebagai panglima perang kaum musyrikin berkata dengan nada mempermalukan: “Dengan sedikit goresan saja engkau berteriak-teriak.” Ubay bin Khalaf kemudian berkata: “Apakah engkau tidak tahu siapa yang melempar aku? Ini adalah lemparan Muhammad. Saya sangat menderita. Demi Lata dan Uzza, jika penderitaan ini dibagikan kepada seluruh penduduk Hijaz, niscaya mereka akan binasa”

Muhammad pernah berkata kepadaku: “Aku akan membunuhmu” Ketika dia berkata begitu, aku yakin bahwa aku akan mati di tangannya, dan tidak akan lolos darinya. Seandainya dia meludahi aku sedikit saja, setelah dia mengatakan demikian, maka aku pasti akan binasa. Akhirnya Ubay bin Khalaf meninggal dunia sehari sebelum tiba di Mekkah.

Peristiwa itu merupakan pelajaran bagi kita. Seorang kafir dan kuat dan musuh besar Islam saja begitu yakin akan kebenaran sabda Rasulullah saw., sehingga dia tidak merasa ragu sedikitpun tentang kematiannya di tangan Rasulullah saw. Namun kita sebagai manusia yang mengimani kenabian dan kebenaran beliau, meyakini sabda-sabda beliau, mengaku cinta kepada beliau, dan berbangga dengan posisi kita sebagai umat beliau, berapa banyak sabda-sabda beliau yang kita amalkan? Juga hal-hal yang diberitakan oleh beliau seperti azab, berapa banyak yang kita takuti? Hal ini perlu kita perhatikan, dan kita renungkan, jangan-jangan hal itu hanya pengakuan dibibir saja.

Dalam keterangan yang lain disebutkan bahwa orang yang meninggalkan shalat akan dibangkitkan bersam Firaun, Qarun, Haman.

Jika seseorang meninggalkan shalat karena sibuk akibat banyaknya harta, maka dia akan dibangkitkan bersama Qarun
Jika seseorang meninggalkan shalat karena sibuk dalam pemerintaan dan kekuasaan, maka dia akan dibangkitkan bersama Firaun
Jika seseorang meniggalkan shalat karena sibuk akibat jabatan, maka dia akan dibangkitkan bersama Haman
Jika seseorang meninggalkan shalat karena sibuk akibat perdagangan, maka dia akan dibangkitkan bersam Ubay bin Khalaf.
Wallahu’alam Bisshowab.

http://www.facebook.com/?page=1&sk=messages&tid=1320370858521

No comments:

Post a Comment