Assalamu'alaikum.

Assalamu'alaikum
Selamat datang di blog ini. Terimaksih atas kunjungannya sahabat

Semoga dapat bermanfaat untuk membuat kita lebih baik lagi, amin....
(bagi yang ingin copy and share artikel yang ada dblog ini, silahkan saja, asal cantumkan sumbernya... :)

Wednesday 23 June 2010

MENGAPA HATI MENGHITAM….?

“Akhir – akhir ini mengapa kok rasanya saya berat untuk beribadah, ya kang ?” tanya seseorang kepada kang Soleh.

“ Rasa berat dalam beribadahmu itu karena perbuatan dosa2 mu….” Jawab kang Soleh pendek.

“Lo kok bisa kang ?, saya merasa nggak melakukan perbuatan maksiat kok, biasa – biasa saja.” sanggah orang itu.

“Justru karena kamu merasa seperti itu…., ya, itu salah satu tanda kamu tidak rendah hati. Orang yang tidak rendah hati, biasanya kurang bisa mengevaluasi diri sendiri. “ celoteh kang Soleh.

Mendengar uraian kang Soleh, orang itupun sedikit mengernyutkan dahinya, dalam hatinya berbisik, “masa sih ?!”.

Sesaat kemudian, kang Soleh berkata,
“Perbuatan dosa menyebabkan hitamnya hati. Tanda hitamnya seseorang adalah tidak takut dan tidak terkejut mengerjakan perbuatan dosa, serta tidak merasakan manisnya mengerjakan taat, dan kebal nasihat.

Kahmas bin Hasan pernah berkata, “Aku pernah melakukan perbuatan satu dosa, lalu menyesal dan menangis selama empat puluh tahun. “ Orang bertanya, “Apakah dosamu itu, ya, Abu Kahmas?” Jawabnya, “Pada suatu hari aku kedatangan seorang tamu, lalu aku membeli ikan goreng untuk menjamunya. Setelah tamu itu selesai makan, untuk membersihkan piringnya aku ambilkan segumpal tanah milik tetanggaku tanpa seizing empunya.”

Mendengar kisah dari kang Soleh, orang itupun mulai tertunduk.

“Masih merasa nggak punya dosa ?” tanya kang Soleh.

“Bukan nggak punya dosa kang...., justru saya nggak bisa melihat dosa – dosa saya.” Jawabnya trenyuh.

“Itulah mengapa hati bisa menghitam.” Jawab kang Soleh.

Wallahu a’lam.

http://www.facebook.com/?page=1&sk=messages&tid=1146466558280

No comments:

Post a Comment