Assalamu'alaikum.

Assalamu'alaikum
Selamat datang di blog ini. Terimaksih atas kunjungannya sahabat

Semoga dapat bermanfaat untuk membuat kita lebih baik lagi, amin....
(bagi yang ingin copy and share artikel yang ada dblog ini, silahkan saja, asal cantumkan sumbernya... :)

Friday, 18 June 2010

Infak untuk Penuntut Ilmu Syar'i

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata:
كَانَ أَخَوَانِ عَلَى عَهْدِ رَسُوْلِ الله صلى الله عليه وسلم ِفَكَانَ أَحَدُهُمَا يَأْتِي النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم -وَفِي رِوَايَةٍ: يَحْضُرُ حَدِيْثَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم وَمَجْلِسَهُ- وَالْآخَرُ يَحْتَرِفُ. فَشَكَا الْمُحْتَرِفُ أَخَاهُ إِلَى النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم (فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، إِنَّ هَذَا أَخِيْ لاَ يُعِيْنُنِيْ بِشَيْءٍ) فَقَالَ: لَعَلَّكَ تُرْزَقُ بِهِ
Ada dua orang bersaudara di masa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang satu biasa mendatangi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam (dalam satu riwayat: ia menghadiri hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mejelis beliau) sedangkan yang satunya lagi sibuk bekerja. Suatu ketika yang bekerja mengadukan saudaranya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. (Ia berkata, “Wahai Rasulullah, saudaraku ini tidak membantuku sedikitpun untuk mencari penghidupan.”) Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam malah mengatakan, “Mungkin kamu diberi rezeki karena dia.” (HR. At-Tirmidzi no. 2345, dishahihkan dalam Al-Misykat no. 5308 dan Ash Shahihah no. 2769)
Al-Mubarakfuri menjelaskan hadits ini, “Mungkin kamu diberi rezeki karena dia.” Maksudnya aku berharap dan aku khawatir kamu diberi rezeki justru karena barakah saudaramu itu karena dia diberi rezeki dari hasil pekerjaanmu. Oleh sebab itu kamu jangan merasa telah memberi anugerah kepadanya dengan perbuatanmu.” (Tuhfatul Ahwadzi, Kitabuz Zuhd, bab At-Tawakkul ‘alallah)
Hadits di atas menunjukkan bahwa memberi infak kepada penuntut ilmu syar’i yang mempelajari agama Allah Subhanahu wa Ta’ala, belajar Al-Qur’an dan hadits-hadits nabawi, juga termasuk kunci rezeki.

Wallahu a'lam.
Semoga bermanfaat.

Sumber: http://www.facebook.com/?page=1&sk=messages#!/?page=2&sk=messages&tid=1495817356740

No comments:

Post a Comment