Assalamu'alaikum.

Assalamu'alaikum
Selamat datang di blog ini. Terimaksih atas kunjungannya sahabat

Semoga dapat bermanfaat untuk membuat kita lebih baik lagi, amin....
(bagi yang ingin copy and share artikel yang ada dblog ini, silahkan saja, asal cantumkan sumbernya... :)

Tuesday 4 May 2010

Berakhlak Mulia , Tentramkan Hati

"Dan kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu,lalu (hati) kamu menjadi puas."

Kuterangi jiwa dengn cita-cita yang kukejar Alangkah sempitnya hidup ini jika keluasan cita-cita tidak terbentang

Manusia adalah cermin bagi manusia yang lain. Jika seseorang berbudi pekerti luhur terhadap orang lain,maka orang lain pun akan berlaku serupa terhdapnya.Sehingga, urat sarafnya akan selalu tenag tanpa gejolak dan hatinya akan senantiasa damai. Berikutnya, ia akan merasakan bahwa dirinya hidup dalam masyarakat yang bersahabat.

Sebaliknya, bila seseorang berkepribadian buruk dan bersikap keras terhadap orang-orang di sekitarnya, maka mereka pun akan berlaku serupa terhdapnya.Dan barnagsiapa tidak menghormati ornag lain, maka orang-orang tidak akan menghormatinya.

Seorang yang berakhlak baik lebih dekat kepada ketenangan,jauh dari kegelisahan, dan keadaan yang menyengsarakan. Lebih dari itu, akhlak yang baik merupakan ibadah kepada Allah dan termasuk yang sangat dianjurkan oleh islam. Allah berfirman, " jadilah engkau pemaaf,serulah orang-orang yang mengerjakan kebaikan dan berpalinglah dari orang-orang yang bodoh." (QS. Al-A'raf:199). Dan firman Allah tentang kepribadian Rasulullah s.a.w. "Sebab rahmat dari Allah, maka kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka.Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar,tentulah mereka menjauhkan diri darimu.Karena itu, maafkanlah mereka,memohonlah ampunan untuk mereka dan bermusyawarahlah dengan mereka.kamu telah berbulat tekad,maka bertawakallah kepada Allah.Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal." (QS. Ali Imaran:159) Rasulullah s. a. w. bersabda,"Sesungguhnya orang yang paling aku cintai dari kalian adalah yang paling baik akhlaknya,yang selalu merangkul kerika berjalan (menjaga persaudaraan) dan menyenangi dan disenangi.Orang yang paling aku benci dari kalian adalah yang suka mengadu domba,yang memisahkan antar orang yang saling mengasihi, dna mencari-cari aib orang yang bersih."

Keraguan,rendah diri dan membelenggu diri dalam satu hal persoalan tanpa cita-cita itu hanya akan membuat manusia gelisah dan hilang keseimbangan.

Sumber: http://www.facebook.com/notes/renungan-n-kisah-inspiratif/berakhlak-mulia-tentramkan-hati/414255936041

No comments:

Post a Comment