Assalamu'alaikum.

Assalamu'alaikum
Selamat datang di blog ini. Terimaksih atas kunjungannya sahabat

Semoga dapat bermanfaat untuk membuat kita lebih baik lagi, amin....
(bagi yang ingin copy and share artikel yang ada dblog ini, silahkan saja, asal cantumkan sumbernya... :)

Monday, 12 April 2010

Kapan Diam dan Kapan Bicara

Diam adalah perbuatan yang paling mudah dilakukan. Untuk melakukannya kita tidak perlu mengeluarkan tenaga dan biaya. Namun sedikit sekali orang yang istiqamah melakukannya. Padahal dalam diam terkandung banyak keutamaan.

Rasulullah Saw bersabda, “Barang siapa yang diam dia pasti akan selamat.”

Semua orang pasti bisa diam. Tetapi diam dengan alasan yang tepat dan pada saat yang tepat itulah yang sulit. Disini tingkat kecerdasan dan penguasaan diri seseorang diuji. Rasulullah bersabda, “Diantara tanda kecerdasan seseorang adalah sedikit berbicara dalam perkara yang tidak berguna baginya.”

Walau demikian, diam pun bisa berubah menjadi sesuatu yang buruk bila dilakukan pada saat yang tidak tepat dan mendasarkannya pada ilmu. Abu Ali Al Daqqaq mengungkapkan bahwa “Orang yang tidak mau mengatakan yang benar adalah setan yang bisu.” Naudzubillah….

Bagaimana caranya agar kita bisa diam secara tepat atau berbicara secara tepat? Imam syafii memberikan jalan keluarnya, “Apabila seseorang akan bicara maka ia harus berfikir terlebih dahulu. Apabila telah jelas bahwa ucapannya tidak akan memudharatkan, maka berbicaralah. Dan apabila telah jelas bahwa ucapannya akan membawa kemudharatan, maka diamlah.”

Jadi, berbicara atau diam, kita harus menyandarkan pada aspek kemanfaatan dan kemudharatan. Bila itu bernilai baik, maka bicaralah. Bila bernilai buruk maka diam lebih utama. Rasulullah Saw bersabda, “Diantara ciri sempurnanya ke Islaman seseorang adalah meninggalkan hal hal yang tidak bermanfaat baginya.”

Bagaimanakah dengan anda?

Sumber: http://www.facebook.com/notes/renungan-n-kisah-inspiratif/kapan-diam-dan-kapan-bicara/404467591041

No comments:

Post a Comment