Assalamu'alaikum.

Assalamu'alaikum
Selamat datang di blog ini. Terimaksih atas kunjungannya sahabat

Semoga dapat bermanfaat untuk membuat kita lebih baik lagi, amin....
(bagi yang ingin copy and share artikel yang ada dblog ini, silahkan saja, asal cantumkan sumbernya... :)

Wednesday 28 April 2010

Bertambahnya Umur

Apakah manusia bisa bertambah umurnya? Atau ada ucapan: Selamat, umur anda sudah bertambah menjadi 20 tahun, 30 tahun 40 tahun, dll. Mengenai Umur ada dua hal yaitu ketetapan umur dan proses menjalani ketetapan umur. Kalau yang dimaksud dengan ketetapan umur maka umur manusia tida bisa bertambah, karena sebelum manusia lahir pada saat masih dalam kandungan ibunya umur 40 hari, Alloh memberi nyawa pada manusia tersebut dan Alloh memberi ketetapan atau qodar mengenai umurnya, rezekinya, jodonya dan sorga/nerakanya. Jadi manusia sebelum lahir sudah ditetapkan berapa umurnya untuk hidup di dunia, bahkan sudah dicatat kapan lahirnya dan kapan matinya.

Ketetapan umur tidak bisa dirubah oleh siapapun, Alloh berfirman: "Idza jaa-a ajaluhum laa yashtakhiruna sa'atan..." ~ Ketika ajal manusia sudah datang maka tidak ada yang bisa mengakhirkan sesaatpun.

Jadi ketetapan umur tidak bisa dirubah walau diubah 1 menit, 1 jam, 1 hari, atau 1 tahun. Jika manusia sudah ditetapkan, misalnya berumur 60 tahun 2 bulan 4 jam maka otomatis pada saat umur tersebut manusia akan menemui ajalnya, itu pasti dan tidak ada yang bisa merubah. Sedangkan kita sekarang sedang menjalani proses ketetapan umur, misalnya hari ini umurnya bertambah menjadi 40 tahun dari sekian tahun ketetapan umurnya. Hanya Alloh yang tahu berapa umur yang telah ditetapkan. Jadi sekali lagi, tidak ada seorangpun yang bisa menambah ketetapan umur, walaupun banyak teman atau kerabat yang memberi ucapan "Semoga panjang umur". Akan lebih baik jika kita mendoakan kebaikan-kebaikan pada seseorang dalam menjalani sisa hidupnya, semoga dalam menjalani sisa hidupnya bisa digunakan untuk selalu beramal kebaikan, hidupnya bisa lebih barokah, menjalani waktu hidup dengan banyak diisi untuk ibadah pada Alloh dan menumpuk pahala.

Hidup yang barokah adalah hidupnya manusia yang dalam setiap gerak dan langkahnya selalu dalam melaksanakan ibadah, selalu tercatat dalam pena Nya Alloh berupa pahala dan kebaikan.

Bertambahnya umur menurut Nabi,
Ada seorang sohabat Nabi yang menanyakan tentang bertambahnya umur manusia, Kemudian Nabi menjelaskan seorang hamba yang mempunyai anak Sholeh dan anak sholeh tersebut selalu mendoakan pada ortua nya, maka setelah orang tua mati kemudian dikubur, pada saat di alam kubur orang tersebut akan terus dikirim pahala dari doa-doanya anak sholeh tersebut. Selagi anak sholeh masih mendoakan orang tua maka pahala orang tua yang sudah di alam kubur akan terus dikirim, itulah yang disebut bertambahanya umur menurut Nabi.

Maka, marilah kita mendidik anak-anak kita menjadi anak yang sholeh bagi yang sudah punya anak, supaya umur kita bisa selalu bertambah.

20 Desember 2009.

Semoga Alloh memberi manfaat dan barokah
Alhamdulillah jazakumullohu khoiro

Penulis: Imam Suryadi ~ Admin "Agama Itu Nasehat"

Sumber: http://www.facebook.com/note.php?note_id=213076954038&id=346584510163

No comments:

Post a Comment