Assalamu'alaikum.

Assalamu'alaikum
Selamat datang di blog ini. Terimaksih atas kunjungannya sahabat

Semoga dapat bermanfaat untuk membuat kita lebih baik lagi, amin....
(bagi yang ingin copy and share artikel yang ada dblog ini, silahkan saja, asal cantumkan sumbernya... :)

Thursday, 10 June 2010

Allah Tidak Terhalang Oleh sesuatu

Al-Syahali Ridho 09 Juni jam 20:21 Balas
"Tidaklah menghalangi kamu dari melihat Allah adanya sesuatu yg diwujudkan di samping-Nya, akan tetapi telah menghalangi kamu dari melihat-Nya persangkaan adanya sesuatu yg diwujudkan di samping-Nya". (Al-Hikam)

segala sesuatu selain Allah pada hakikatnya tdk ada. yang ada hanyalah Dia. jadi tdk ada barang yg menghalangi dari melihat-Nya. hanya karena persangkaan adanya sesuatu yg wujud di samping-Nya, maka orang jadi terhalang tdk bisa melihat-Nya.

menurut ahli ma'rifat, wujud segala sesuatu ini seperti wujud bayang-bayang pohon diatas air. sesungguhnya bayang2 itu tdk bisa menghalangi jalannya perahu.

tak ubahnya bagi orang yg ingin melihat Allah. maka tak ada penghalang yg menghalang-halangi untuk melihat-Nya melainkan hanya karena persangkaannya sendiri bahwa di samping Allah ada sesuatu yg menghalangi-Nya. jikalau antara seseorang dg Allah ada penghalang yg wujud, pastilah adanya penghalang itu lebih dekat kepadanya dari pada Allah. padahal tdk ada sesuatu yg lebih dekat darei pada-Nya. dapat diumpamakan seperti orang yg bermalam pada suatu tempat dan ia ingin buang air. lalu didengarnya suara angin yg menderu-deru. dia kemudian mengira bahwa suara itu adalah suara harimau. shg ia tak jadi keluar. ketika pagi telah tiba, disitu dia tdk mendapatkan harimau. adapun yg ia kira harimau itu sebenarnya adalah angin yg masuk kedalam lubang2. maka tiadalah harimau yg menghalanginya keluar di malam hari, melainkan yg menghalanginya adalah persangkaan adanya harimau.

smg Allah melimpahkan rahmat-Nya kpd kita menerangi hati kita dg cahaya-Nya shg tersingkap segala hijab hati dan terang menyaksikan-Nya nyata pada semesta. amiin

Sumber: http://www.facebook.com/?page=1&sk=messages&tid=1456908193640

No comments:

Post a Comment