Assalamu'alaikum.

Assalamu'alaikum
Selamat datang di blog ini. Terimaksih atas kunjungannya sahabat

Semoga dapat bermanfaat untuk membuat kita lebih baik lagi, amin....
(bagi yang ingin copy and share artikel yang ada dblog ini, silahkan saja, asal cantumkan sumbernya... :)

Monday 25 October 2010

Caramu Melihat Masalah – Itulah Masalahnya…

Tak ada orang di muka bumi ini tidak pernah merasakan kesedihan, entah itu disebabkan oleh hal yang sepele, seperti kehilangan sandal ketika sholat di masjid, sampai yang terbilang serius, seperti ditinggal orang yang dicintai untuk selama-lamanya.

Tapi taukah wahai sahabat bahwa kesedihan merupakan perasaan yang akan menjadi positif bila kita bisa menempatkanya pada proporsi yang tepat. Maksudnya, kita terkadang hanya terpusat pada masalah yang kita hadapi daripada mempelajari cara kita memandang, menilai dan merasakan masalah yang kita hadapi. Mungkin bahasa sederhananya kita sering menjadi “sebagian dari masalah” bukan “sebagai solusi dari masalah”, sehingga semakin kita berpikir keras mencari pemecahan masalah tersebut kita akan semakin merasa buntu dengan jalan keluar dari permasalahan tersebut. Itu karena kita tidak pada posisi menilai dari luar masalah tersebut, tetapi masuk kedalam masalah tersebut dan merasakan pikiran-pikiran negatif yang menghantui dan menghilangkan jalan keluar yang mungkin bisa muncul sebagai anugrah dari Tuhan.

Bagaimana kita menempatkan diri kita di luar masalah dan dapat memiliki kemampuan untuk menilai secara objektif dari masalah tersebut, padahal kita ada didalam masalah itu sendiri. Kuncinya adalah dengan mencoba bersikap “Jujur pada diri sendiri” ya cukup itu dulu. Karena pikiran dan hati kita seringkali selalu bersikap egois dan merasa bisa menyelesaikan masalah tersebut, padahal tidak. Kita hanya berusaha keras memikirkanya padahal tidak. Sahabat harus terlebih mengawali dengan sebuah kesadaran bahwa Cara kita memandang masalah itulah masalah itu sendiri, sehingga kalau kita tidak mencoba mengoreksi diri kita sendiri maka masalah yang kita hadapi tidak akan menemukan jalan keluar yang tepat dan sesuai untuk diri kita, bila pun tidak dengan cara mengoreksi diri kita, kita menemukan pemecahan masalah, penulis menilai itu hanya pemecahan masalah yang terlalu emosional dan menyentuh akar masalah itu sendiri.

Jadi sadarlah wahai sahabat, cobalah dengan jujur pada diri sendiri dalam setiap masalah untuk membuka pintu solusi yang selalu ditawarkan oleh hati nurani kita. Dan hindari perasaan super no problem. Karena sekali lagi kata kuncinya. “Cara kita menyelesaikan masalah itulah masalahnya” bukan masalah itu sendiri.

Sumber: Majlis Ta'lim Al Husaini (FB)

No comments:

Post a Comment