Assalamu'alaikum.

Assalamu'alaikum
Selamat datang di blog ini. Terimaksih atas kunjungannya sahabat

Semoga dapat bermanfaat untuk membuat kita lebih baik lagi, amin....
(bagi yang ingin copy and share artikel yang ada dblog ini, silahkan saja, asal cantumkan sumbernya... :)

Thursday, 6 May 2010

MUSLIMAH JUGA HARUS CANTIK DAN SEHAT

Catatan seorang teman : Jiehan Syakuri Al-Fatih

MERAWAT KECANTIKAN

Pada dasarnya setiap perempuan itu cantik. Dengan kata lain, setiap orang memiliki segi-segi kecantikannya sendiri. Akan tetapi, sebagaimana juga tanam-tanaman, sebagus apapun rupanya, ia memerlukan perawatan.
Banyak orang mengandalkan kosmetika sebagai alat penambah kecantikan. Tapi kosmetika itu hanya sekedar polesan, dengan kata lain sekedar tipuan yang bersifat sesaat. Kecantikan, sebenarnya amat ditentukan oleh factor dalam diri manusianya.
Salah satu unsure kecantikan yang terpenting adalah kesehatan. Gangguan kesehatan dapat mempengaruhi kecantikan. Misalnya insomnia (sulit tidur) akan menyebabkan badan lesu, wajah pucat serta warna gelap di sekitar mata. Mata suram juga disebabkan oleh sembelit. Kualitas makanan juga memegang peranan penting. Untuk itu harus memilih makanan yang bergizi seimbang, kemudian juga harus menjaga agar pengolahan makanan tesebut tidak merusak gizi yang terkandung.
Berikut ini ada beberapa tips pada masalah kesehatan dan kecantikan:

© UNTUK MENGHINDARI JERAWAT
Kurangilah makanan yang berlemak, dan cobalah minum air jeruk hangat pada pagi hari dan malam hari.

© KULIT KERING
Kulit kering membutuhkan makanan seperti telur, mentega lemak, hati, sayuran hijau, alpukat serta tomat.

© KULIT YANG KASAR, PORI-PORI MEMBESAR DAN BERMINYAK
Memerlukan perawatan dengan menghindari makanan goreng-gorengan, juga dengan mengurangi gula serta garam.

© KULIT TIPIS DENGAN URAT-URAT HALUS YANG NAMPAK JELAS.
Makanan yang terlampau panas atau terlampau dingin maupun terlampau pedas harus dihindari.

© UNTUK MEMPERINDAH MATA
Udara segar, senam dan cukup tidur amat membantu. Makanan berupa sayuran hijau setengah matang, wortel, ikan, hati, merah telur, maupun mentega.
© KUKU RAPUH
Diperlukan makanan yang mengandung yodium dan vitamin B, juga makanan laut (termasuk agar-agar).


© KESEHATAN GIGI
Dapat dibantu oleh makanan yang dapat turut membersihkan gigi maupun gusi seperti buah apel.

Anjuran-anjuran ini akan berhasil dan baru berpengaruh bila kita disiplin tentunya. Nah saudariku muslimah, cobalah untuk memperhatikan masalah makanan ini, terutama pula bagi mereka yang punya kesibukan seguudaaaaangg. Juga para mahasiswi yang indekos yang doyan mie, janganlah pula untuk memperhatikan menu makanan.


Madu Untuk Kecantikan

Tidak berlebihan jika madu dikatakan sebagai cairan ajaib. Selain untuk makanan dan obat, madu pun banyak khasiatnya bagi kecantikan wanita.

Sebagai pembersih kulit wajah
Masukkan dua sendok teh penuh madu ke dalam satu liter air hangat. Setelah diaduk rata, basuhlah wajah dan leher Anda. Diamkan selama 10 menit, baru bilas dengan air hangat saja.

Masker oatmeal dan madu
Campurkan satu kuning telur, dua sendok teh madu jernih dan segenggam oatmeal hingga terbentuk adonan kental. Tekan-tekan, adonan ini pada wajah dan leher dengan lembut. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Campuran ini sangat baik untuk kulit kering dan kusam.

Masker lemon dan madu
Campurkan satu sendok air lemon atau jeruk nipis, satu sendok teh madu dan dua putih telur. Setelah campuran menyatu, oleskan pada seluruh wajah. Diamkan selama 20 menit, sementara bahan-bahan tadi bekerja dan bereaksi membersihkan dan melembutkan kulit Anda. Kemudian bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk dengan handuk bersih hingga kering. campuran ini baik untuk kulit berminyak

Madu lilin
Beeswax atau madu lilin sangat bagus sebagai krim yang melindungi kulit dari kondisi kering. Campurkan satu sendok makan beeswax granule dengan satu sendok teh madu jernih, setengah sendok teh minyak zaitun, dan beberapa tetes minyak esensial mawar untuk krim tangan yang wangi dan lembut. Beeswax granule tersebut dapat dibeli di toko produk kesehatan/kecantikan.


Tubuh Bugar dan Kulit Berseri

Agar tubuh selalu bugar dan kulit berseri, butuh perawatan rutin setiap hari. Seperti wajah, rambut dan seluruh tubuh, kalau tidak dirawat akan tampak tidak segar. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

Mandi dengan menggunakan shower lebih menyehatkan ketimbang menggunakan gayung. Sebab air shower mempunyai efek pemijatan. Lama mandi yang baik, antara 12 hingga 20 menit. Gunakan sabun lembut yang mengandung pelembab.

Untuk menjaga kelembutan kulit, begitu selesai mandi oleskan hand and body lotion. Sebab setelah mandi kelembaban kulit hilang, apalagi di siang hari yang terik. Sebaiknya gunakan pelembab yang sesuai dengan kulit dan struktur kulit.

Saat ini banyak ditawarkan krim pelembab, misalnya untuk wajah, mata, tangan dan kaki. Kandungannya ada beberapa jenis, misal untuk pelembab kaki kandungan AHA-nya lebih banyak dibandingkan untuk kulit wajah. Pelembab mata biasanya lebih pekat, agar dapat lebih lama melekat, mengingat bagian ini lebih kering. Sementara, pelembab wajah lebih lembut agar lebih mudah menyatu dengan kulit dan kosmetik riasan wajah.

Salah satu cara untuk mendapatkan kulit wajah yang halus, dengan melakukan penguapan. Penguapan bisa dilakukan sendiri di rumah, seminggu sekali. Caranya, campurkan minyak rosemary atau minyak aromatheraphy lainnya ke dalam air panas dalam wadah mangkuk besar. Tutup wadah dengan handuk kurang lebih tiga menit, sampai uang air mengepul. Kemudian, angkat handuk, dekatkan wajah ke mangkuk dan tutpi dengan handuk hingga uap mengenai wajah. Lakukan selama lima menin dan hasilnya kulit Anda akan segar kembali.


Wallahu 'Alam Bishawab
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SEBAB UNTUK MERAWAT KESEHATAN DAN KECANTIKKAN
KALAU TIDAK DARI SEKARANG, KAPAN LAGI... MUDAH2AN BERMANFAAT BAGI KAUM MUSLIMAH...

No comments:

Post a Comment