Assalamu'alaikum.

Assalamu'alaikum
Selamat datang di blog ini. Terimaksih atas kunjungannya sahabat

Semoga dapat bermanfaat untuk membuat kita lebih baik lagi, amin....
(bagi yang ingin copy and share artikel yang ada dblog ini, silahkan saja, asal cantumkan sumbernya... :)

Wednesday, 5 May 2010

Kasih Sayang Allah Sangat Luas

Rasulullah saw. bersabda, ””””Allah SWT mempunyai seratus rahmat (kasih sayang), dan menurunkan satu rahmat kepada jin, manusia, binatang, dan hewan melata. Dengan rahmat itu mereka saling berbelas-kasih dan berkasih sayang, dan dengannya pula binatang-binatang buas menyayangi anak-anaknya. Dan Ia menangguhkan 99 bagian rahmat itu sebagai kasih sayang-Nya pada hari kiamat nanti.”””” (HR. Muslim).

Begitu besar kasih sayang Allah terhadap makhlukNya. Semua makhluk baik itu jin dan manusia, yang beriman dan yang kufur tetap saja mendapatkan kasih sayang Allah. Allah melimpahkan berbagai nikmat berupa makanan dan minuman, serta menciptakan naluri untuk saling menyayangi sesama keturunannya. Ini adalah bukti bahwa Agama islam sangat mengajarkan kasih sayang. Rasulullah saw bersabda: “Siapa yang tidak sayang pada manusia, maka tidak akan disayang oleh Allah.” (HR Bukhari)

Dalam suatu riwayat disebutkan bahwa suatu ketika Nabi pernah ditanya oleh seseorang, “Wahai Rasulullah, ada seorang perempuan sering bangun malam (tahajjud), rajin berpuasa dan sedekah, tetapi dia sangat jahat terhadap tetangganya.” Rasulullah berkata. “Tidak ada kebaikan baginya, dia akan masuk neraka.” Orang itu bertanya lagi. “Wahai Rasulullah, ada lagi perempuan yang cuma shalat yang wajib-wajib saja dan bersedekah sekadar kemampuannya tetapi la tidak suka menyakiti orang.” Beliau bersabda, “Dia termasuk ahli surga.”
Bukan Cuma sesama manusia, tetapi juga mengajarkan kasih sayang terhadap binatang. Kita diharuskan menajamkan pisau ketika menyembelih binatang. Rasulullah saw. bersabda : Sesungguhnya Allah telah menetapkan perbuatan baik (ihsan) atas segala sesuatu . Jika kalian membunuh maka berlakulah baik dalam hal tersebut. Jika kalian menyembelih berlakulah baik dalam hal itu, hendaklah kalian mengasah pisaunya dan menyenangkan hewan sembelihannya. (HR. Muslim)

Nilai kasih sayang sangat tinggi kedudukannya di sisi Allah, yaitu dapat mendatangkan ampunanNya. Suatu kisah menyebutkan. Ada seorang laki-laki sedang melakukan perjalanan dalam suasna cuaca yang sangat panas. Cuaca itu membuat dia lelah dan kehausan. Tetapi berutunglah karena dalam perjalanan itu dia menemukan sebuah sumur. Kemudian lelaki itu turun untuk mengambil air dan minum sepuasnya. Rasa hauspun lenyap seketika.

Setelah laki-laki itu memenuhi kebutuhannya, kemudian dia naik kembali ke permukaan. Namun tiba-tiba dia melihat seekor anjing, lidahnya menjulur karena kehausan. Laki-laki itu pun berpikir: “Anjing ini pasti kehausan seperti yang kurasakan tadi”

Laki-laki itu akhirnya turun kembali ke sumur dan mengisi sepatunya dengan air. Setelah itu dia mengulurkan sepatunya ke mulut anjing itu dan memberinya menum. Di sangat bersyukur kepada Allah yang telah menyelamatkan anjing itu sehingga tidak mati karena kehausan. Allah kemudian mengampuni orang tersebut karena perbuatan itu.

Kisah itu memberikan pelajaran bagi kita bahwa Allah sangat mengasihi orang yang berkasih-sayang, walaupun terhadap binatang.

Ya Allah ya Rabb

Ya Allah ya Rabbi

Kasihi adekku yang tersayang
Begitu luas rahmat-Mu
Berilkanlah walau setetes untuknya
Agar dia merasakan anugerah-Mu yang tiada tara
Meski sakit telah menderanya

Ya Allah ya Rabbi ...
aku memohon kepada-Mu dengan penuh ratapan dan rintihan pengharapan
aku meminta pada-Mu dengan linangan air mata
hilangkanlah penderitaannya
gantikan dengan kebahagiaan
berilah dia senyum terindah-Mu

Ya Allah Ya Rahman
qabulkanlah permohonan ini...

(untuk adekku ...

Wallahu’alam Bisshowwab.

Sumber inspirasi: elqolam.myblogrepublika.com

http://www.facebook.com/notes/asep-nedyana/ingat-ade-kasih-sayang-allah-sangat-luas/391541372434

No comments:

Post a Comment